.: My Letters 4 My Life :.

09 August 2007

Kala sang Profesor melihatku ...


Judul di atas bukanlah gambaran secara harfiah, bahwa sang Profesor melihat [fisik] saya. Namun substansinya pada tulisan, dan lebih spesifik lagi tulisan ku tentang PKB, yang diadaptasikan ke dalam tulisan Prof. DR. Hermawan Sulistyo. Sang peneliti LIPI yang sedang mencalonkan diri menjadi gubernur Jatim ini ternyata "merekam" beberapa larik tulisan saya untuk masuk dalam tulisan panjang beliau tentang PKB, dalam rangka memperingati hari lahir PKB ke-9.

Tulisan sang Profesor ini digarap dalam sebuah buku berjudul "9 Tahun PKB, Kritik dan Harapan" bersama tulisan tokoh2 terpandang lainnya, baik elit politik, analis politik maupun tokoh2 yang sangat dekat dengan NU dan PKB, seperti Gus Dur, KH Hasyim Muzadi, Effendi Ghozali PhD, Prof. Mahfud MD, Efendi Choiri dll. Sayang, tulisan dari budayawan Cak Nun, yang berjudul "Gus Muhammad SAW" ngga masuk, padahal bagus banget untuk introspeksi dan analisa internal partai ke depan.


Btw, saya sangat bersyukur, meski sedikit huruf dari tulisan saya yang "diadop + diadaptasi" dalam tulisan sang Profesor, cukup bagi saya untuk merasa senang dan terharu, terlebih ternyata yang diadaptasikan dari tulisan saya aslinya lebih dari 3 paragraf. Keharuan ini tidak lain, karena saya hanyalah seorang "anak bawang", anak yang baru beranjak dalam proses pergumulan ide dan politik secara umum, dan ternyata di-lihat dan di-dengar oleh sang profesor. Tetapi bisa juga istilah "anak bawang" itu selalu melekat ke saya, karena memang saya dilahirkan di kota yang terkenal bawang merahnya alias Brebes hehe :).

Kondisi ini bisa menjadi pemicu bagi impian saya dalam proses pergumulan ide [politik]. Impian2 bagi saya dalam rangka tulisan adalah menjadi kolumnis .. ya, pengisi kolom di koran2 yang beredar dan masuk dalam jajaran penulis muda. Maklum, sampai saat ini nama saya sekali pun belum tembus di "pasaran", kecuali di website PKB bagian kolom.

Tentu saja, harus saya akui karena data dukung tulisan saya dan posisi serta peran saya dalam ranah pergumulan politik dan sosial belum [tidak] kuat. Impian lainnya untuk periode yang panjang adalah nama "Agus Maulana al-Brebesy" ikut nimbrung dalam kolom nama2 di ...ups, maaf, saya ngga jadi tulis di sini, ngga enak :) [cukup saya yg tahu dan temen yg dekat di hati he2]. Ya, itulah mimpi. Hanya Allah yang tahu garis hidup anak manusia. Tapi boleh aja donk mimpi, karena terkadang kesuksesan orang berawal dari mimpi, dan yang penting terus berusaha dan berdoa :)

Ok, sukses selalu dan tetap semangat :)

Wassalam,

3 Comments:

  • Gus... anda tulis "beberapa larik tulisan saya untuk masuk dalam tulisan panjang beliau tentang PKB, dalam rangka memperingati hari lahir PKB ke-9."... disebelah mana tuh (tulisannya sang professor)adanya?
    Kapan-kapan nulis juga dong buat saya... hmmm

    By Anonymous Anonymous, at 12:24 PM  

  • Welcome my blog, mas ulil ... mudah2an sehat selalu .. masih di US?

    Ok, beberapa larik tulisan saya di dalam tulisannya bisa mas baca di buku 9 tahun pekabe : kritik dan harapan yang ditulis Pak Hermawan S, klo ngga salah halaman 100-an. Nah bagian2 halaman yg ada footer-nya "Maulana al-Brebesy" itu lah beberapa larik yg diadaptasi [bahasanya pak Hermawan] spt yg saya tulis di sumber aslinya di PKB Online atau blog saya tentang "PKB, Tamatkah Riwayatmu?".
    Pada bagian lain, juga ada sedikit adaptasi dari tulisan saya yang lain, yang berjudul "Membangun Loyalitas dan Integritas Kader Partai". Tulisan ini ada di kolom PKB Online dan blog ini juga.

    Demikian mas .. wah, saya tersanjung juga dikomentari ama Mas ulil ... :)

    Oh ya mas, untuk komunikasi selanjutnya, panggil aja Maul :). Klo Gus, ntar dikira "golongan" mereka hehe2

    Wassalam

    By Blogger Taruna, at 12:47 PM  

  • wahh..ternyata temenku yang satu ini hebat.. baru tahu aku hehe..
    ayo semangat

    By Anonymous Anonymous, at 3:21 PM  

Post a Comment

<< Home