.: My Letters 4 My Life :.

06 August 2007

Liputan dari Seminar of Cryptography and Internet Security 2007 (SCIS – 2007)



Acara seminar kriptografi dan keamanan internet ini diselenggarakan oleh Senat Mahasiswa Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN), yang didukung oleh STSN dan Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) . Selain itu, turut sebagai sponsorship adalah INDOSAT M2, Gramedia Bookstore dan Masyarakat Sandi dan Keamanan Infomasi Indonesia atau MASPI . Acara yang berlangsung selama 2 hari ini, 4 - 5 Agustus 2007, berlokasi di Aula Dr. Roebiono Kertopati, Lembaga Sandi Negara, Jakarta.

Pada hari pertama, seminar ini dibuka oleh Ketua Panitia SCIS 2007, dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Lembaga Sandi Negara, yang diwakili Bpk Ferdinand Imanuel selaku Deputi I Lemsaneg, kemudian sambutan terakhir dari Menteri Komunikasi dan Informatika, yang diwakili oleh DR. S. Supangkat, M.Eng. Acara ini dihadiri dari berbagai kalangan pecinta keamanan informasi, seperti akademisi, swasta dan pemerintah. Turut hadir dalam acara ini adalah Kepala Puskom DEPLU dan Ketua STSN.

Pada acara hari pertama tersebut, seminar dibagi menjadi 3 sesi. Sesi pertama diisi oleh Bpk. Renne Patiradjawane, salah seorang staf di harian KOMPAS, yang mempresentasikan tentang Security Awareness, termasuk materi di dalamnya seputar information assurance dan secure transaction. Sesi kedua diisi oleh mahasiswa STSN yang diwakili oleh Azis Kurniawan (Mahasiswa STSN Tingkat IV) tentang Ubiquitous Encryption, yang materinya meliputi Secure Internet Access via Mobile Phone, Secure Data Exchange via Mobile Phone dan SMS Encryption. Sesi terakhir diisi oleh pakar IT dari ITB, Budi Rahardjo tentang Zen of Crypto (and other issues).


Sebagaimana sebelumnya, di hari kedua acara juga dibagi menjadi 3 sesi. Sesi pertama diisi oleh Yan Adikusuma (Lemsaneg) yang mempresentasikan tentang Internet Concept, berupa Essential of Networking and The Internet dan Internet Technology. Sesi berikutnya diisi oleh komunitas Echo, yang bernama The Day, tentang Internet Hacking, yang meliputi Hacking Tutorial [step by step], Password Cracking dan Sites Defacing. Sedangkan sesi terakhir diisi oleh seorang ahli IT yang cukup popular di dalam komunitas TI, yaitu Jim Geovedi. Materi yang dipaparkan berupa Cryptography as a Solution of Internal Security, meliputi Modern Cryptography, Public Key Infrastructure [theory and application], Secure Real Time Communication and Internet Crypto Techniques.

Semoga acara seminar ini bisa terus menggelora dan memberikan kontribusi positif untuk dunia teknologi informasi di Indonesia pada umumnya, khususnya terkait dengan keamanan informasi. [Ints/Maul]

-------------------------------
Ref : www.ina-ciss.org

0 Comments:

Post a Comment

<< Home