.: My Letters 4 My Life :.

13 September 2007

Coming Soon : Crypto Museum


Mungkin benar, pengabdian kepada bangsa tak kan pernah padam. Tentu saja ini bagi insan yang benar2 kokoh dalam ideologis dan nasionalis. Pengabdian itu pun tidak mengenal ruang, waktu dan jarak. Terlebih jika dibarengi dengan niat yang tulus, sungguh menjadi spirit yang luar biasa untuk kemajuan bangsa di kelak nanti.


Abstraksi di atas mudah2an selalu terpatri di jiwa ini, paling tidak pengabdian melalui jalur birokrat-ku. Mungkin dalam bagian itu, proyek pembangunan "Crypto Museum" atau Museum Sandi menjadi salahsatu hal yang ikut membawa dalam pengabdian itu bersama tim di "medan perjuangan", sudut Ragunan, Jaksel.

Lebih dari 1 tahun proses administrasi dan konsolidasi berjalan. Dukungan internal dan eksternal tentu lah ada, dengan tuntutan penyelesaian yang super, jiwa ini tentu butuh spirit yang tinggi.


Alhamdulillah, selama 2 hari kemarin, bagian dari "PR" pembangunan museum sandi berupa seminar "Penelusuran Perjalanan Persandian Nasional" berlangsung dengan lancar meski saya akui, kurang maksimal. Hal ini tentu saja kurang dalam persiapan. Mudah2an akan menjadi lebih baik untuk ke depan.

Sekedar info, seminar berlangsung selama 2 hari, 5-6 September 2007 dengan narasumber dari Pelaku Persandian, Sejarawan, Direktur Museum (diwakili Kepala Museum Benteng DIY) dan Petinggi Persandian TNI. Seminar ini bertujuan untuk merangkai Story Line yang sebenarnya tentang perjalanan Persandian, tak terkecuali menyangkut Bapak Persandian Indonesia, (alm.) dr Roebiono Kertopati.


Bagi Anda pecinta, pemerhati, atau pun masuk dalam jajaran persandian, mohon doa restu dari Anda semua ... InsyaAllah dengan doa dan dukungan Anda, The Crypto Museum alias Museum Sandi bisa segera dibangun dengan lancar yang terintegrasikan dengan Museum Perjuangan Brontokusuman, Yogyakarta.

Ikuti perkembangan berikutnya ....

5 Comments:

  • Ass. Terimaksih mas sudah menghubungi saya dari kemaren2
    Mudah-mudahan perjuangan mas selama ini terutama bagi masyarakat Brebes dapat memberikan teladan bagi semua terutama pemuda2 Brebes. Selamat berjuang untuk perubahan yang lebih baik.
    Wass

    Ttd
    A.N. Hidayatullah

    By Anonymous Anonymous, at 8:34 PM  

  • Misiii...bukan pemerhati apalagi pencinta sandi tapiklo sandi nayoan pernah ngefas sih.:)
    tuh gedungnya kok cakep yah... jaman belanda punya?

    By Blogger peranita, at 4:10 PM  

  • Dear peranita :)

    gambar yg ditampilkan itu museum perjuangan brontokusuman di yogyakarta, kebetulan di museum itu nantinya akan diintegrasikan dengan museum sandi, so gambar museum itu deh yg nongol dan memang dibangunnya udah lama banget ...

    makasih atas kunjungannya

    By Blogger Taruna, at 6:09 PM  

  • Mas Maul,
    Sekedar info saja, kalau tidak salah sekitar tahun 1990-an ada tim yang menulis mengenai sejarah persandian. Saya tidak tahu apakah buku tersebut jadi diterbitkan dan disosialisasikan. Untuk mengecek keberadaannya mungkin bisa mulai menyusurinya lewat perpustakaan eks biro pendidikan.

    By Blogger Aris Heru Utomo, at 7:20 AM  

  • Dear mas AHU,

    Betul sekali mas, tahun 90-an sudah ada buku tentang sejarah persandian. Yang buat adalah paguyuban mantan sandiman dan sudah di-SK kan oleh Ketua Lemsaneg (waktu itu masih Ketua, bukan Kepala).

    Buku itu termasuk salahsatu referensi dalam kerja tim Museum Sandi.

    Terimakasih mas AHU atas perhatiannya

    Wassalam

    By Blogger Taruna, at 9:26 AM  

Post a Comment

<< Home