.: My Letters 4 My Life :.

17 June 2008

Menjadi Guru

Siapa yang tidak ingin "digugu lan ditiru"? Ya, istilah jawa tersebut melekat pada predikat seorang guru, yang ditranslate ke dalam bahasa Indonesia "diikuti dan dicontoh". Istilah lainnya itu diteladani. Tentu saja, predikat guru ini bisa dalam konteks umum, siapapun yang menjadi orang yang bisa menjadi contoh atau teladan, maka sejatinya orang tersebut seperti guru.

Kini, guru dalam konteks profesi dan jabatan, secara kesejahteraan konon sedang "dimanja" oleh pemerintah dengan pemberian ini itu. Mudah2an benar adanya. Kalau pun belum, ya mudah2an secepatnya. Jika benar adanya, maka wajib kita syukuri bersama dan apapun nama pemberian itu mudah2an menjadi tambahan semangat dalam membangun kualitas sumber daya manusia melalui jalur2 pendidikan yang ada.

Menjadi guru tentu tak mudah, karena harus diciptakan melalui proses pembelajaran, pengalaman, dan keteguhan dalam bertutur dan bersikap. Selain itu, harus ditambah dengan kepiawaian berkomunikasi yang baik. Tak jarang, banyak sekali generasi2 kita yang cerdas dalam berilmu namun sangat susah sekali untuk proses komunikasi. Tentu ini sangat disayangkan, ilmu yang dikuras kurang begitu diserap oleh audience.

Bagaimananpun kondisinya, guru adalah pejuang kehidupan yang lebih baik.Pejuang buat diri sendiri, keluarga, masyarakat dan bangsa. Jadi, mari menjadi guru untuk menjadi manusia yang terbaik seperti ungkapan "khoirun naas an fa'uhum lin naas"

0 Comments:

Post a Comment

<< Home