.: My Letters 4 My Life :.

20 April 2009

Melihat Langkah PKB

Meski hasil pemilu legislatif (pileg) secara resmi dari KPU baru berkisar 5% dari keseluruhan tetapi langkah PKB secara resmi langsung merapat ke SBY. Tentu ini bisa dipahami sebagai kepentingan pragmatis partai dibawah kepemimpinan Cak Imin yang ingin berporos pada kekuasaan dan mengingat daya tawar partai yang semakin rendah.

Jejak langkah partai ini memang sangat mudah diterka sedari awal konflik dengan Gus Dur. Pengurus yang sekarang memang pro SBY terlebih ada 2 menterinya di jajaran kabinet SBY. Yang disayangkan, nilai2 kepentingan partai yang diharapkan menjadi representasi perjuangan NU dalam politik sudah kabur. Semuanya pragmatis untuk elit partai dan sama sekali tidak ada pembelajaran politik kepada generasinya.

Gus Dur pun sebagai deklarator sudah dikesampingkan, padahal jasa untuk NU dan PKB sangat besar. Hasil pemilu 2009 ini merupakan bagian dari efek pengebirian jasa Gus Dur. Meski mempunyai akar massa yang real, tetapi jika sistem partai dan nilai2 kepentingan partai tidak dibenahi, maka tidak mungkin hasil pemilu berikutnya adalah setengah atau seperempat dari hasil pemilu kali ini. Dengan kata lain, jika tidak mau berubah, maka bersiaplah untuk hengkang dari senayan.

Sesungguhnya tidak ada partai besar tanpa tokoh besar. PKB telah mencabut stigma itu dan bersiaplah menjadi partai kecil.

Salam,
A. Maulana Ahmad al-Barbasy

(tulisan ini diadop dari tulisan pribadi saya di facebook tanggal 15 April 2009)

2 Comments:

  • Menarik atau sedih, mana yg lebih pas melihat kondisi PKB sekarang. Menarik membaca tulisan Djoko Suud Sukahar di http://www.detiknews.com/read/2010/12/27/082559/1533070/103/rebutan-tulang-pkb?nd991107103 tentang permasalahan yang sedang mendera PKB, sedih karena sang pendiri sdh tidak bisa berbuat apa-apa lagi. Bagaimana, Gus?

    By Anonymous Anonymous, at 9:11 AM  

  • itu realitas dan tentu saja menarik dalam sisi ilmiahnya, dan turut sedih dari sisi kondisi "hati".

    semoga menjadi pelajaran utk siapapun yg mencintai perjuangan an-nahdlatul al-'ulama

    makasih mas

    By Blogger Taruna, at 1:45 PM  

Post a Comment

<< Home